Wednesday, November 12, 2008

Samp-AH!




Begini ceritanya. Ga mau tau ya? Bodo', blog ini diklaim sebagai blogku koq ;p

Hari Senin yang lalu aku dan Lala memutuskan untuk ke Sanggar di Minomartani. Apa itu Sanggar? Sanggar adalah tempat pemberdayaan "sampah" [CMIIW]. Setiba di sana, kami bertemu pak Wisnu [pemberdaya] dan "sedikit" bercerita masalah sampah [ya apalagi?] serta pembuatan kompos dengan teknologi aerob. Awalnya beliau bertanya padaku apa maksud dan tujuan kedatangan kami. Aku menjawab :

"Cuma mau nitip botol-botol ini pak..."

Aih, di tempat itu kami "dibantai" tentang permasalahan sampah. Tapi mohon jangan dibayangkan pembantaian kaum Yahudi yang dilakukan oleh Nazi yap! Pembantaian ini "mengajari" kami tentang sampah. Aku mendiskusikan masalah penggunaan plastik oleh orang-orang. Kemudian pak Wisnu bilang :

"Kamu ga bisa melarang orang nggunain plastik. Coba kalo ga ada plastik, apa-apa harus pake logam, kan mahal..."

DOOOR!!!

Ga maksud seperti itu, sungguh... Kemudian aku melakukan pembelaan diri dengan berkata :

"Saya ga melarang mereka untuk make' plastik. Orang saya cuma nulis tentang banyaknya plastik yang saya gunakan dan mulai mengurangi pemakaiannya kok pak..."

Kemudian dijawab lagi oleh beliau :

"Kalo cuma kamu, 1 orang, ya ga ada artinya..."

Saya bingung dan bertanya dengan polos :

"Lho, kalo cuma saya trus ga ada artinya, jadi kalo saya nulis pengalaman saya itu -lalu dibaca oleh khalayak- apa saya salah pak?"

Kemudian [lagi] beliau menjawab :

"Nah kalo gitu boleh, nulis biar orang tau..."

Ealah... Dari awal juga aku bilangnya bukan order u to stop using plastic... Huahaha... Bukan berarti yang mengurangi penggunaan plastik cuma aku aja [mustahil banget]. Kamu tau? Seorang Fiit juga mengurangi penggunaan plastik, Lala juga pernah berkata pada pramuniaga toko :

"Saya juga ga pake plastik mas..."

See? It's not just me... Trus apa sih intinya?

Intinya adalah, kami sadar bahwa sesungguhnya ga ada yang salah dengan sampah. Kesalahan ada pada menungso-ne [benul ga ya nulisnya? wakaka]... Sekali lagi, bukan berarti aku aktifis lingkungan yang selalu menggembar-gemborkan buat nyetop pemanasan global. Aku cuma pengen berbagi [kasih, lho?!!!] pengalaman.

Nah, keluar dari topik plastik dan sampah... Pertanyaanku adalah :

"Bisakah kita nyetop global warming?"

Kalo jawabanku :

GA BISA

Tapi ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk memperlambat kerusakan... Sekali lagi, I just want to share...

-ngantuuuk_

No comments:

Post a Comment

Bantai tulisanku...